3 Paradox Paling Populer Yang Bikin Mikir 1000x Untuk Memecahkannya


Apa anda pernah mendengar kata Paradox sebelumnya? Jika belum, kita bahas dulu apa itu paradox. Paradox adalah situasi yang muncul dari sejumblah premis yang diakui kebenarannya yang bertolak belakang dari suatu pernyataan dan akan berujung kepada suatu konflik atau kontradiksi, paradox juga disebut dengan antinomi (Kenyataan yang kontroversial) karena melanggar hukum kontradiksi principium contradiction atau law of contradiction.

Baca Juga: 3 Cara Memfoto Agar Kamu Terlihat Lebih Keren

Paradox adalah dua hal yang bertentangan tapi kedua hal tersebut benar, paradox sendiri tercipta ada yang dapat dipecahkan riddlenya dan ada yang sama sekali tidak bisa dipecahkan riddlenya, dikarenakan paradox memang tidak punya penyelesaian yang absolute.

3 Paradox Populer Yang Bikin Mikir 1000x

Ini adalah tiga paradox yang sering sekali diceritakan atau sering didengar orang karena memang menarik, membuat orang bertanya-tanya dan ingin menemukan ujung dari paradox tersebut. langsung saja, ini dia 3 paradox yang sering populer, membuat kita mikir seribu kali untuk mencari ujung dari paradox tersebut.

3 Paradox Yang Paling Sering Muncul atau Populer


1. Paradox Pinokio (The Liar Paradox)
Seperti yang kita ketahui, jika pinokio berbohong hidungnya akan memanjang, dan jika pinokio berkata "Hidungku akan memanjang" dan ternyata hidungnya tidak memanjang berarti pinokio sedang berbohong, dengan demikian hidungnya akan memanjang karena pinokio berbohong, tapi jika hidungnya memanjang berarti pinokio berkata jujur, seharusnya jika pinokio berkata jujur hidungnya tidak akan memanjang. dengan demikian pinokio sedang berada dalam keadaan hidungnya akan memanjang saat hidungnya tidak memanjang

2. Eksekusi Gantung (The Unexpected Hanging Paradox)
Seorang terdakwa akan dihukum gantung, lalu sang hakim berkata bahwa kalau dia akan dihukum gantung ditengah hari, dihari kerja dan terdakwa tidak diberitahu kapan dia akan dihukum gantung dan akan menjadi sebuah kejutan untuk terdakwa tersebut.

Sang terdakwapun berpikir "Mereka tidak akan membunuhku pada hari jum'at" Kenapa? karena jika sang terdakwa masih hidup pada hari kamis maka sang terdakwa akan tahu kalau hukuman mati akan dilakukan pada hari berikutnya. kemudian sang terdakwapun berpikir kembali "Mereka tidak akan membunuhku pada hari kamis" karena kalau pada hari rabu sang terdakwa masih hidup dia tahu kalau dia akan dibunuh pada hari berikutnya, lalu sang terdakwa selalu berfikir dari hari ke hari berikutnya sampai sang terdakwa mendapatkan kesimpulan kalau hukuman mati itu tidak akan bisa mengejutkan terdakwa tersebut. berarti sama dengan terdakwa tersebut tidak akan mendapatkan hukuman mati , dan datang hari rabu dimana terdakwa tersebut tereksekusi mati dan terdakwa tersebutpun akhirnya sangat terkejut.

 Riddlenya bagaimana caranya sang hakim bisa memberikan kejutan tersebut kepada sang terdakwa?

3. Paradox Penculik Anak
Suatu hari si kampret menculik seorang anak, kemudian si kampret menelfon ayah dari anak tersebut, lalu memberikan riddle atau tebak-tebakan kepadanya. jika ayah itu bisa menebak apa yang akan dilakukan si kampret kepada anak itu, maka si kampret akan mengembalikan anak itu kepada ayahnya.

Kemudian sang ayah menebak, bahwa si kampret tidak akan mengembalikan anaknya. dan paradoxnya dimulai disini.

Kalau codet tidak mengembalikan anaknya berarti tebakan sang ayah benar, dan jika tebakan sang ayah benar maka si kampret harus mengembalikan anak itu. tapi jika si kampret mengembalikan anak itu membuat tebakan sang ayah menjadi salah, jika tebakan itu salah maka si kampret tidak harus mengembalikan anak itu, tapi jika si kampret tidak mengembalikan anak itu, maka tebakan sang ayah benar, jika tebakan sang ayah benar maka si kampret harus mengembalikan anak itu, dan begitu seterusnya~~!

Baca Juga: 5 Musik Yang Bikin Kamu Terbawa Emosi

Gimana? lumayan pusingkan hehehe, mungkin paradox ini pernah kalian dengan bahkan seringkali dijadikan pertanyaan candaan, dan banyak yang tidak tahu persis apa itu paradox apalagi untuk mencari kesimpulan pembenaran sebuah paradox. karena memang paradox muncul tidak untuk dipecahkan, karena sekeras apapun pemikiran kita untuk menemukan pembenaran paradox tersebut malah kita terjebak dalam pemikiran yang salah dan dipaksakan, hanya menimbulkan kontradiksi yang benar-benar antinomi (paradox).


Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Paradox Paling Populer Yang Bikin Mikir 1000x Untuk Memecahkannya"

Posting Komentar

Dilarang Keras~

*Spaming
*Memasang Link Aktif
*Asal komen "Nice info", "Bermanfaat", "Thank's" DKK.

Komentar sewajarnya dan relavan