Cara Membuat/Mengisi Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang Baik Dan Benar (Tulis Tangan ataupun Print)


Daftar Riwayat Hidup atau sering juga disebut Curriculum Vitae (CV), biasanya akan diminta suatu perusahaan untuk seseorang yang melamar pekerjaan. yang mana berisi mengenai informasi biodata, pendidikan, pengalaman kerja sang pelamar. CV atau Daftar Riwayat Hidup menjadi salah satu bagian persyaratan yang sangat dibutuhkan sebuah perusahaan untuk mengetahui Riwayat Hidup Pelamar kerja.

Kebanyakan Perusahaan memperbolehkan calon karyawannya mengirimkan CV/Daftar Riwayat Hidup dalam bentuk cetak atau print. tetapi banyak juga yang memperbolehkan membuat CV dengan tulisan tangan.

Bagi orang yang pertama kali bekerja atau fresh graduate mungkin akan sedikit bingung mengenai cara membuat Curriculum Vitae atau CV ini yang baik dan benar. agar dapat menjadi pertimbangan perusahaan untuk menerimanya.

Baik Langsung saja berikut contoh membuat secara tulis tangan atau dalam bentuk cetak.

Beberapa Contoh Daftar Riwayat Hidup Atau CV Untuk Melamar Kerja

1. Dalam Bentuk Tulis Tangan

Cara Membuat/Mengisi Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang Baik Dan Benar (Tulis Tangan ataupun Print)
Sumber Gambar: http://www.mpssoft.co.id/
Dalam bentuk tulis tangan kurang lebih akan seperti contoh gambar diatas, yang mana sering kali digunakan para calon karyawan yang baru pertama kali / fresh graduate.

Usahakan tidak ada kesalahan setikitpun, baik kertas yang terlipat atau sobek apalagi coretan yang mengganggu. untuk lebih lengkap baca bagian paling bawah, apa saja yang harus dimasukan dalam CV ini.

2. Dalam Bentuk Cetak/Print

Cara Membuat/Mengisi Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang Baik Dan Benar (Tulis Tangan ataupun Print)
Sumber: Gilang 
Dalam bentuk cetak/Print diutamakan menggunakan bahasa yang baik dan benar, atau bahasa indonesia baku. perlu diperhatikan setiap kata, jangan sampai ada yang salah dalam penulisan, ini juga salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Jika anda belum ada pengalaman kerja, biarkan Bagian ini tetap ada, cukup kosongkan saja.

3. Dalam Bentuk Cetak (Biasanya Dijual Belikan)

Cara Membuat/Mengisi Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang Baik Dan Benar (Tulis Tangan ataupun Print)
Sumber: dentmasoci.com
Biasanya CV yang seperti ini diperjual belikan, anda hanya tinggal mengisinya dengan baik dan benar. mungkin CV yang cetak lebih mudah untuk diisi karena sudah jelas, tinggal mengisi data yang diperlukan.

Beberapa elemen penting dalam membuat Daftar Riwayat Hidup (CV)

Untuk tambahan biasanya untuk yang fresh graduate, ada tambahan untuk menambah daftar dengan kegiatan yang dilakukan semasa Sekolah, misal Aktif dalam bidang apa atau pernah menjuarai apa. akan menjadi nilai tambahan untuk anda.

Berikut Contohnya:

Berikut adalah beberapa hal yang harus tercantumkan dalam sebuah daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan:

1. JUDUL SURAT

Pastikan bahwa yang tertulis di bagian paling atas adalah Curriculum Vitae atau DAFTAR RIWAYAT HIDUP. Hal yang paling fundamental dalam membuat CV seperti contoh diatas.

2. BIODATA/DATA PRIBADI

Jelaskan mengenai data pribadi anda yang dibutuhkan, seperti berikut:

  • Nama Lengkap
  • Tempat dan Tanggal lahir
  • Tempat Tinggal/Domisili
  • Jenis Kelamin
  • Umur
  • Agama
  • Status
  • Tinggi dan Berat Badan (Jika dianggap sangat penting)
  • Nomor Telephone
  • Email
3. RIWAYAT PENDIDIKAN

Isi dengan riwayat pendidikan formal anda seperti SD,SMP,SMA atau juga pendidikan Kemampuan atau keterampilan tertentu seperti LES bahasa inggris atau sebagainya. sebagai nilai tambahan anda sebagai calon karyawan

4. KETERAMPILAN/KEMAMPUAN

Agar Lebih baik anda dapat menyebutkan kemampuan yang anda miliki atau keterampilan anda sekarang atau semasa sekolah, seperti contoh: Juara lomba Matematik, Juara Lomba Bulutangkis, atau Aktif dalam Organisasi tertentu. jika tidak ada, anda boleh untuk tidak memasukan bagian ini/kategori "KETERAMPILAN"

5. PENGALAMAN KERJA

Jika anda baru pertama kali melamar kerja, anda kosongkan isinya pada bagian ini, namun tetap Masukan dalam CV bagian ini.

6. PENUTUP

Kalimat penutupan surat riwayat hidup beserta tanda tangan dan atas nama yang jelas. Seperti contoh gambar diatas

Sekian saja artikel mengenai Cara Membuat/Mengisi Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang Baik Dan Benar (Tulis Tangan ataupun Print), semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat/Mengisi Daftar Riwayat Hidup (CV) Yang Baik Dan Benar (Tulis Tangan ataupun Print)"

Posting Komentar

Dilarang Keras~

*Spaming
*Memasang Link Aktif
*Asal komen

Komentar sewajarnya dan relavan